blog-img-10

Posted by : RS Toeloengredjo

Apa itu Autisme?

Autisme adalah gangguan perkembangan kompleks yang gejalanya harus sudah muncul sebelum anak berusia 3 tahun. Gangguan neurologi pervasif ini terjadi pada aspek neurobiologis otak dan mempengaruhi proses perkembangan anak. Akibat gangguan ini sang anak tidak dapat secara otomatis belajar untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya, sehingga ia seolah-olah hidup dalam dunianya sendiri. Saat ini, banyak layanan bantuan pendidikan serta terapi perilaku khusus yang dapat meningkatkan kemampuan penyandang autisme. Aspek-aspek penting dalam perkembangan anak yang seharusnya menjadi fokus adalah kemampuan berkomunikasi, berinteraksi, kognitif, serta akademis.

Penanganan autisme bertujuan untuk mengembangkan kemampuan para penyandang semaksimal mungkin agar mereka bisa menjalani kehidupan sehari-hari. Peran orang tua bagi anak-anak penyandang autisme sangatlah penting. Partisipasi aktif orang tua akan mendukung dan membantu meningkatkan kemampuan sang anak. Mencari informasi sebanyak mungkin tentang autisme serta penanganannya sangat dianjurkan untuk para orang tua.

Gangguan bahasa dan bicaraadalah salah satu penyebab gangguan perkembangan yang paling sering diemuka pada anak dengan autisme. Kesulitan komuniakasi ini dikarenakan anak autis mengalami gangguan dalam berbahasa (verbal & non verbal), padahal bahasa merupakan media utama dalam komunikasi . Anak autis yang mengalami kesulitan berbicara seringkali mengungkapkan diri atau keinginannya melalui perilaku, contohnya menyakiti diri sendiri, tertawa, teriak atau menangis tanpa sebab, dan seringkali tidak mau dipeluk.
Anak autisme dengan gangguan komunikasi harus dilakukan observasi dan penilaian secara menyeluruh termasuk penilaian oral motor dan sistem motor bicara. Perlu diingat bahwa anak penyandang autisme memiliki keterbatasan atau gangguan lain yang perlu diperhatikan. Melalui terapi wicara kemampuan bahasa dan bicara, anak autisme bisa dilatih. Latihan harus dilakukan secara rutin oleh orang tua maupun terapis wicara.

Untuk layanan terapi wicara sendiri dapat dilakukan di RS Toeloengredjo buka pada hari Senin s/d Jumat jam 11.00-18.00 dan pada hari Sabtu jam 09.00-15.00. terapi wicara yang diberikan pada anak autisme antara lain latihan bahasa, latihan bicara, latihan oral motor. Sebelum melakukan terapi wicara Anda terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter spesialis anak yang buka setiap hari Senin – Jumat jam 08.00 sabtu jam 07.00 dengan dr Hudi Wiyasari, SpA. M. Biomedik, dan dr Soerjatmono SpA praktek setiap hari Selasa, Kamis jam 17.00 serta Sabtu jam 11.00.

Salam Sehat,

RS. Toeloengredjo
" Pelayanan Profesional Sepenuh Hati " 

Jl. A. Yani 25 Pare - Kediri
Tlp: (0354) 391047 - 391145

Untuk info lebih lanjut hubungi Hallo HVA di 0822 3030 9494

Fb, IG, Youtube : HalloHVA
Website : www.rshva.com