Bedah TKV

Bedah TKV


Semakin meningkatnya pasien penderita Chronic Kidney Disease (CKD) atau gagal ginjal kronis yang mengharuskan untuk pasien melakukan tindakan cuci darah yang terjadwal. Sebagian banyak pasien CKD saat ini masih dengan akses Hemodialysis meski juga ada CAPD (Continous Ambulatory Peritoneal Dialysis). Seiring hal tersebut juga muncul beberapa problema Akses Hemodialysis pada pasien-pasien CKD seperti Aneurisma pada AVshunt yang memang didukung juga dengan kondisi Hipertensi pada pasien tersebut.

Karena hal tersebut maka kami RS. Toeloengredjo mempunyai pelayanan terbaru yakni Bedah TKV (operasi thorax & kardiovaskular) . Dalam pengertiannya Bedah TKV (operasi thorax & kardiovaskular) adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari diagnosis dan tindakan operasi untuk gangguan kesehatan yang disebabkan oleh penyakit atau cedera pada kerongkongan, paru-paru, dan organ tubuh lain yang ada di dada.

Bedah TKV atasi problem Hemodialysis dengan AV Shunt untuk pasien Chronic Kidney Disease (CKD) atau Gagal Ginjal Kronis (GGK). Dengan metode AV Shunt adalah prosedur pembedahan dilengan untuk pembuatan akses vaskular untuk cuci darah pada pasien gagal ginjal kronis. Prosedur AV Shunt tersebut dengan cara menyambung (anastomosis), pembuluh darah arteri dengan vena. Pembuatan AV Shunt biasanya pada pergelangan ataupun bagian bawah siku. Prinsip AVshunt merupakan penyambungan atau anastomosis Arteri dan Vena agar vena ketika maturasi dapat dijadikan Akses HD oleh nurse HD di Unit HD Rumah Sakit. Manajemen AV Shunt yang baik adalah bila dilakukan dengan cermat dan terukur secara obyektif dari faktor resiko dan penilaian klinis dan penggunaan USG Vaskular pre AVshunt.. Tanpa akses semacam ini, sesi hemodialysis reguler tidak akan mungkin dilakukan, karena vena yang tidak melalui proses ini tidak dapat menahan puncture (tusukan) jarum cuci darah berulang.

Tentunya ada kolaborasi anatara dokter spesialis penyakit dalam dan dokter sepesialis bedah tkv untuk penanganan pasien gagal ginjal kronis dengan menggunakan metode ini. Dan demi melengkapi layanan Kesehatan bagi masyarakat di RS Toeloengredjo saat ini telah menyediakan dokter spesialis bedah thorax dan kardioviskular.