blog-img-10

Posted by : RS Toeloengredjo

Bagaimana Jika Sakit Gigi di Tengah Pandemi Corona?

Di tengah pandemi Covid-19, perhatian kita seolah tertuju hanya pada satu penyakit saja. Padahal, ada banyak penyakit lainnya yang juga memerlukan perhatian dan penanganan. Salah satu penyakit yang umum dialami masyarakat adalah sakit gigi. Namun, untuk mengurangi dampak penyebaran virus corona, masyarakat diimbau tetap berada di rumah dan keluar hanya dalam keadaan darurat, termasuk untuk ke dokter gigi. "Pada masa penyebaran Covid-19 ini, pasien disarankan, sebaiknya datang ke dokter gigi untuk tindakan emergency saja.

 Beberapa situasi darurat yang dimaksud, antara lain:

1. Sakit gigi yang parah dalam kurun waktu 24 jam. Dalam ukuran skala 1-10, sakit gigi di bawah skala 5 dianggap masih bisa diatasi dengan minum obat penghilang rasa sakit. Adapun sakit gigi di atas skala 5 secara umum adalah sakit yang terjadi terus-menerus dan intens, hingga membuat seseorang sulit tidur.

2. Gusi bengkak selama 3-7 hari terakhir.

3. Pendarahan yang disebabkan oleh proses pencabutan atau operasi gusi.

4. Infeksi gigi dikarenakan gigi berlubang yang menyebabkan sakit gigi.

5. Gigi patah yang menyebabkan sakit.

6. Untuk perawatan ortodonsia, yang dikategorikan darurat seperti terdapat kawat gigi yang lepas dan menyebabkan tertusuknya bagian gusi. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di dalam mulut.

 

Memerhatikan prosedur keamanan

 Bagi pasien yang terpaksa harus mengunjungi dokter gigi, dianjurkan untuk pergi seorang diri. Kalau pun ditemani, orang yang menemani sebaiknya tidak ikut ke dalam ruang perawatan. "Jika fasilitas ruang tunggu klinik tidak memadai sebaiknya yang mengantar tunggu di luar. Hal ini dapat menghindari risiko penyebaran corona," ungkap drg Menis Rahmawati. Sebelum perawatan dimulai, pasien akan diberikan obat kumur chlohexidine atau Iodine. Untuk perlindungan tambahan, pasien akan disarankan mengunakan kacamata pelindung untuk melindungi mata dari percikan air akibat perawatan jika memang diperlukan. Situasi pandemi membuat sebagian klinik membatasi waktu operasinya, atau bahkan tutup. Sebagai langkah antisipasi, tak ada salahnya jika kamu mencari informasi tentang klinik gigi terdekat yang masih buka dan menyimpan nomor kontaknya. "Jika untuk diperlukan tindakan emergency dan ternyata klinik terdekat dalam kondisi tutup sebaiknya selalu memegang contact person klinik atau dokter untuk konsultasi online semisal dibutuhkan.

Poli Gigi di RS Toeloengredjo buka setiap hari Senin – Sabtu jam 07.00 sampai dengan jam 20.00. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi HALLO HVA di Nomer 082230309494.

Salam Sehat,

RS. Toeloengredjo
" Pelayanan Profesional Sepenuh Hati " 

Jl. A. Yani 25 Pare - Kediri
Tlp: (0354) 391047 - 391145

Untuk info lebih lanjut hubungi Hallo HVA di 0822 3030 9494

Fb, IG, Youtube : HalloHVA
Website : www.rshva.com