blog-img-10

Posted by : RS Toeloengredjo

FAKTOR UTAMA PENYEBAB PENYAKIT ANEMIA

Penyebab penyakit anemia sendiri bisa bermacam-macam dan kadang tidak Anda ketahui. Sehingga Anda baru mengetahui terkena penyakit anemia bilasuda ada gejala yang Anda rasakan seperti muka yang pucat, pusing, mudah lelah, daya tahan tubuh yang menurun, dan lain-lain.

Berikut beberapa penyebab penyakit anemia, antara lain :

1. KURANG ZAT BESI

Penyebab penyakit anemia yang umum terjadi pada banyak orang yaitu karena kekurangan zat besi. Zat besi sendiri adalah zat yang dapat memproduksi sel darah merah dalam tubuh, sehingga apabila Anda kekurangan zat besi maka akan berdampak menurunnya jumlah sel darah merah yang menyebabkan anemia.

2. TUBUH ANDA TIDAK BISA MENYERAP ZAT BESI

Apabila Anda sudah mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung zat besi tetapi Anda masih terindikasi terkena anemia itu berarti tubuh Anda tidak bisa menyerap zat besi. Zat besi tidak terserap dalam tubuh Anda tetapi hanya terikat oleh tubuh.

3. MENGALAMI PENDARAHAN

Pendarahan yang berlebihan bisa menjadi penyebab penyakit anemia, dan ini bisa terjadi saat persalinan ataupun bila Anda mengalami kecelakaan yang menyebabkan Anda mengeluarkan banyak darah.

4. MENSTRUASI

Saat menstruasi ada sebagian wanita yang mengalami anemia, karena darah yang dikeluarkan sangat banyak, sehingga menyebabkan zat besi dalam tubuh juga berkurang.

5. OPERASI

Saat Anda melakukan operasi biasanya akan mengeluarkan banyak darah dan juga zat besi sehingga biasanya setelah selesai operasi Anda akan mengalami anemia.

6. AMBEIEN

Ambeien bisa menjadi penyebab anemia karena saat ambeien biasanya Anda akan mengeluarkan darah ketika buang air besar, dan apabila tidak segera ditangani darah yang dikeluarkan akan semakin banyak dan terjadilah anemia.

7. TERKENA PENYAKIT

Saat Anda terkena penyakit misalnya pembesaran sel limpa, talasemia, penyakit kelainan HB, dan sebagainya bisa memicu kerusakan sel darah merah dalam tubuh Anda.
 
8. KURANG MENGKONSUMSI PROTEIN HEWANI

Protein hewani juga sangat penting untuk Anda konsumsi, karena protein hewani dapat meningkatkan sel darah merah di tubuh.

9. MELAKUKAN DIET KETAT

Saat melakukan diet ketat tentu Anda akan mengurangi jumlah protein yang dikonsumsi. Dan kurangnya asupan protein dapat menyebabkan Anda mudah terkena anemia.
 
10. MIMISAN

Mimisan yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan terkena penyakit anemia, karena mimisan yang parah akan membuat Anda mengeluarkan darah dalam jumlah yang banyak.

Salam Sehat,

RS. Toeloengredjo
" Pelayanan Profesional Sepenuh Hati " 

Jl. A. Yani 25 Pare - Kediri
Tlp: (0354) 391047 - 391145

Untuk info lebih lanjut hubungi Hallo HVA di 0822 3030 9494

Fb, IG, Youtube : HalloHVA
Website : www.rshva.com