blog-img-10

Posted by : RS Toeloengredjo

Mengatasi nyeri saat menstruasi

Menstruasi yaitu proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam pasti akan terjadi pada semua wanita yang normal. Namun ada beberapa wanita yang mengalami nyeri saat menstruasi tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi nyeri saat menstruasi :

  1. Konsumsi makanan sehat yaitu buah dan sayur aneka warna, ikan , labu dan juga makan yg banyak mengandung protein nabati
  2. Kompres perut dan punggung bawah dengan bantalan pemanas atau botol berisi air hangat.
  3. Berbaringlah untuk meredakan nyeri, bisa menggunakan bantal penyangga lutut dan ambil nafas panjang perlahan buang sampai nyaman.
  4. Pijatan lembut dan ringan dapat dilakukan pada perut bagian bawah dan tulang pinggang, juga pemijatan secara hati2 pada otot sekitar pusar dengan cara dicubit ringan.
  5. Olah raga ringan yang bisa membantu meredakan nyeri yaitu berjalan kaki 30 menit sehingga meningkatkan denyut jantung, joging untuk memperlancar aliran darah dan metabolisme tubuh serta yoga yang dapat membuat Anda rileks.
  6. Jika nyeri menstruasi tidak juga berkurang dan sangat mengganggu, konsultasikanlah kepada dokter karena dikuatirkan awal adanya gejala masalah pada alat reproduksi Anda.

Apabila keluhan berlanjut dalam jangka waktu yang lama, Anda dapat mengunjungi poliklinik Kandungan kami yaang buka layanan setiap hari.

Salam Sehat,

RS. Toeloengredjo
" Pelayanan Profesional Sepenuh Hati " 

Jl. A. Yani 25 Pare - Kediri
Tlp: (0354) 391047 - 391145

Untuk info lebih lanjut hubungi Hallo HVA di 0822 3030 9494

Fb, IG, Youtube : HalloHVA
Website : www.rshva.com