Layanan

Pemeriksaan virus corona menggunakan rapid test sudah  dilakukan di banyak tempat layanan kesehatan. Banyak orang mengira, tes ini sama dengan pemeriksaan swab tenggorokan yang selama ini dilakukan untuk mendeteksi virus, hanya saja lebih cepat dan praktis. Rapid test dan pemeriksaan swab adalah pemeriksaan yang berbeda. Rapid test corona hanya bisa digunakan sebagai skrining atau penyaringan awal. Sementara itu untuk mendiagnosis seseorang terinfeksi Covid-19, hasil pemeriksaan swab lah yang digunakan.

Pemeriksaan rapid test yang ada, dilakukan menggunakan sampel darah. Sedangkan pemeriksaan swab menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung dan tenggorokan.

Rapid test memeriksa virus menggunakan IgG dan IgM yang ada di dalam darah. IgG dan IgM adalah sejenis antibodi yang terbentuk di tubuh saat kita mengalami infeksi virus. Jadi, jika di tubuh terjadi infeksi virus, maka jumlah IgG dan IgM di tubuh akan bertambah.

Hasil rapid test dengan sampel darah tersebut, dapat memperlihatkan adanya IgG atau IgM yang terbentuk di tubuh. Jika ada, maka hasil rapid test dinyatakan positif ada infeksi.

Namun, hasil tersebut bukanlah diagnosis yang menggambarkan adanya infeksi Covid-19. Orang dengan hasil rapid testnya positif (reaktif), perlu menjalani pemeriksaan lanjutan, yaitu pemeriksaan swab tenggorok dan hidung. Pemeriksaan ini dinilai lebih akurat sebagai patokan diagnosis. Sebab, virus corona akan menempel di hidung atau tenggorokan bagian dalam, saat ia masuk ke tubuh. Sampel lendir yang diambil dengan metode swab nantinya akan diperiksa menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction). Hasil akhir dari pemeriksaan ini, nantinya akan benar-benar memperlihatkan apabila ada virus SARS-COV2 (penyebab Covid-19) di tubuh seseorang.

Rumah Sakit HVA Toeloengredjo telah menyediakan layanan baik pemeriksaan rapid maupun PCR Swab. Untuk pelaksanaan Rapid Test dapat dilakukan Setiap Hari Senin – Sabtu Jam 08.00-20.00 dan Minggu jam 09.00-14.00, hasilnya langsung keluar di hari yang sama dengan hari pemeriksaan, proses kurang lebih 1 -2 jam. Sedangkan bagi yang ingin melakukan pemeriksaan swab disarankan untuk melakukan perjanjian sehari sebelum hari pemeriksaan, dan pendaftaran dilakukan melalui online H-1  di www.rshvaonline.com. Untuk pemeriksaan Swab dilakukan pada hari kerja Senin – Sabtu jam 08.00, dan hasil akan keluar kurang lebih 5 hari kerja setelah hari pemeriksaan. Untuk informasi lanjut atau membuat janji temu dapat menghubungi HALLO HVA di nomer 0822 3030 9494 dan MARKETING HVA 0812 8986 6785.

RS HVA Toeloengredjo
386
Dokter dan Pegawai
158
Tempat Tidur
24
Jam Pelayanan
112
Tahun Berdiri